Sholat Hari Raya Idul Fitri 1436H

ATT_1437969693804_IMG-20150727-WA0016

Jamaah Idul Fitri 1436H

BEKASI – Hari Raya Idul Fitri, hari dimana ummat Muslim merayakannya dengan kegembiraaan dan sukacita, setelah selama sebulan melaksanakan puasa Ramadhon menahan diri dari haus dan lapar, menjaga dari hal yang menjauhkan kita dalam meraih keutamaan dalam berpuasa, dan memenuhi hari-harinya dengan menambah ibadah pada bulan yang dipenuhi berkah.

Sholat idul fitri yang dilaksanakan oleh DKM MJF dihadiri oleh sekitar 1500 jamaah dari warga perumahan Taman Galaxi dan sekitarnya, mengambil tempat di area jogging track blok O.

Bertindak sebagai khatib dan imam adalah ustadz Mudrika Ilyas Lc. hafizahullah, mengambil tema Taqwa sebagai barometer kelulusan berpuasa.

Seperti telah disampaikan dalam surat Al Baqarah ayat 183, yang berbunyi :

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡڪُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِڪُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

ATT_1437969731749_IMG-20150727-WA0015jelas bahwa Allah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk berpuasa agar menjadi bertakwa. Puasa Ramdhan sebagai bulan yang sangat diberkahi dimana pada bulan ini diturunkannya Al-Quran, menjadi bulan untuk menempa diri lebih taat, lebih banyak ibadah, tempat ujian kesabaran serta berinfaq sadoqah dan berzakat. Dengan amalan amalan yang biasa dilakukan seseorang di bulan ini, maka jika selepas bulan ramadhon orang tersebut istiqomah dengan menjalankan ibdadah, maka disitulah terlihat kelulusan beliau dalam meraih taqwa yang dimaksud didalam ayat tersebut. Ketika memasuki bulan ramadhan banyak terlihat jamaah sholat tarawih, sampai melebihi kapasitas masjid, namun ketika Ramadhon usai, maka masjid kembali sepi dari jamaah. Apakah kalau begini kita bisa disebut lulus dari tempaan bulan ramadhon? Selepas Ramadhon berapa kali seminggu kita memegang dan membaca mushaf?

ATT_1437969767212_IMG-20150727-WA0010

Pengurus DKM Masjid Jannatul Firdaus berfoto bersama

Untuk itulah kita harus menjaga keistiqomahan dalam beribadah di 11 bulan selepas Ramadhon, sehingga hal itu sebagai barometer kita mencapai ketaqwaan. Semoga Allah memberikan kita kemudahan untuk  istiqomah. Aamiin.

Sholat diakhiri dengan bersalam-salaman, antar warga. Taqabballahu minna wa minkum.

(imr)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *